Tags

, , ,

Otak Manusia by sciencedaily.com

Para peneliti telah mampu belajar banyak fakta menarik tentang karakteristik psikologis manusia, tapi tak sedikit juga yang tidak cukup mengerti banyak hal yang berkaitan dengan pikiran itu.

Mengutip geniusbeauty.com, ternyata ada empat fakta menarik tentang pikiran manusia:

1. Orang ternyata sering lalai

Ketika mereka dihadapkan pada beberapa tugas, manusia bahkan menjadi buta terhadap apa yang baru saja terjadi di bawah hidung mereka.

2. Orang hanya bisa menjaga 3-5 hal dalam pikiran mereka secara bersamaan.

Karenanya seseorang tidak bisa menyimpan lebih dari lima sampai sembilan potongan informasi dalam pikirannya pada saat bersamaan. Informasi hanya bisa disimpan tidak lebih dari 20 atau 30 detik, ini karena memori jangka pendek.

Kebanyakan orang dapat menyimpan sekitar tujuh digit dalam pikiran mereka dalam waktu singkat sementara untuk 10 digit hampir semua orang tidak bisa.

3. Di antara banyak warna, warna biru dan merah paling sering diabaikan.

Ketika dipaparkan banyak warna, warna merah dan biru seringkali luput dari perhatian. Ini disebabkan efek dari chromostereopsis yaitu efek bahwa warna-warna tertentu dapat dirasakan sementara lainnya akan dihapus dan menyebabkan iritasi mata dan kelelahan. Efek ini seringkali timbul pada kombinasi warna merah dan biru atau merah dengan hijau.

4. Orang akan fokus pada suatu hal tidak lebih dari 10 menit

Menurut para peneliti, bahkan ketika topik yang disajikan menarik dan dipaparkan dengan cara yang menarik juga, periode terpanjang Anda untuk menyimaknya adalah tujuh sampai 10 menit saja. Meski tetap memberikan perhatian, ini pasti lebih lemah dan butuh istirahat untuk dapat fokus.

SOURCE