Tags

, , ,

Telur Dinosaurus by inquisitr.com

Telur dinosaurus seukuran bola basket ini ditinggalkan oleh jenis sauropods jutaan tahun lalu. Para peneliti menemukan telur, pecahan kulit telur, dan puluhan cengkeraman di lapisan stratigrafi.

Area penemuan telur tersebut bernama Coll de Nargo, yang merupakan daerah rawa tempat dinosaurus berkeliaran selama periode akhir Cretaceous. Sebelumnya, telur dinosaurus yang ditemukan di wilayah tersebut adalah dari jenis Megaloolithus Siruguei.

Namun pemimipin penelitian tersebut, Albert Garcia Selles dari Miquel Crusafont Catalan Palaeontology Institute, menyatakan bahwa setidaknya ada empat spesies baru lainnya.

Spesies tersebut diyakini adalah jenis sauropods. Dinosaurus ini memiliki leher yang panjang dan salah satu yang terbesar di bumi.

Daerah Coll de Nargo juga dianggap sebagai salah satu wilayah ‘bersarang’ paling penting di Eropa, dengan adanya ratusan fosil telur dinosaurus yang tidak biasa.

“Kami belum pernah menemukan begitu banyak sarang di satu daerah sebelumnya. Selain itu, adanya berbagai oospecies atau spesies telur pada tingkat yang sama menunjukkan bahwa berbagai jenis dinosaurus tersebut saling berbagi daerah bersarang yang sama,” ujar Selles.

Para peneliti juga memaparkan bahwa daerah tersebut ditinggali dinosaurus pada masa sekitar 67 hingga 71 juta tahun yang lalu.

Empat spesies lainnya yang ditemukan adalah jenis Cairanoolithus Roussetensis, Megaloolithus Aureliensis, Megaloolithus Siruguei, dan Megaloolithus Baghensis, demikian yang diwartakan Inquisitr.

Selles menjelaskan bahwa jenis fosil telur dinosaurus tersebut ditemukan pada interval waktu tertentu sepanjang lapisan stratigrafi di wilayah itu.

Pada dasarnya, spesies telur yang ditemukan di wilayah Coll de Nargo dapat membantu untuk menentukan usia wilayah tersebut.