Tags

, , ,

Tidur Siang

Sering malas tidur siang? Atau lebih baik menghabiskan waktu Anda untuk bermain daripada tidur siang? Pikirkan lagi. Tidur siang bukanlah simbol kemalasan atau menunjukkan bahwa Anda senang bermalas-malasan. Tidur siang juga memiliki beberapa manfaat dari segi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan untuk tidur siang, seperti dilansir oleh Huffington Post:

1. Meningkatkan konsentrasi
Penelitian NASA menemukan bahwa pilot memiliki tingkat fokus dan konsentrasi yang lebih tinggi setelah mereka tidur siang selama 40 menit, dibandingkan dengan pilot yang tidak tidur siang. Bahkan tidur siang selama 20 menit bisa meningkatkan konsentrasi karyawan saat bekerja, berdasarkan penelitian dari Harvard Men’s Health Watch. Sementara itu, penelitian kecil juga menemukan bahwa tidur siang selama 10 menit bisa meningkatkan rasa konsentrasi.

2. Menguatkan daya ingat dan kemampuan belajar
Tidur siang yang berkualitas dikaitkan dengan proses kognitif yang lebih baik, sehingga tak heran jika tidur siang yang panjang juga baik untuk otak. Tidur siang selama 90 menit diketahui mampu mengurangi tasa lelah secara psikis. Berdasarkan sebuah penelitian di Australia, tidur siang bisa meningkatkan kekuatan otak. Faktanya, pemindaian otak menunjukkan bahwa aktivitas otak tetap tinggi pada orang yang tidur siang dibandingkan dengan orang yang tidak istirahat.

3. Meningkatkan kreativitas
Pernah bangun di siang hari dan menemukan pemecahan masalah atau ide cemerlang? Peneliti telah mengamati mengapa orang bisa mendapatkan inspirasi setelah tidur siang. Mereka menemukan bahwa aktivitas di bagian kanan hemisphere berkaitan dengan kreativitas. Penelitian juga menunjukkan bahwa tidur siang yang panjang dengan kualitas baik juga membuat seseorang lebih baik menangani masalah yang berhubungan dengan kreativitas.

4. Menambah produktivitas
Para ahli setuju bahwa tidur siang bisa membuat orang lebih produktif. jadi tidur siang bukan berarti seseorang bermalas-malasan saat bekerja. Tidur siang sebentar bisa ‘membangunkan’ kembali sisi produktivitas karyawan, bahkan lebih ampuh daripada secangkir kopi di sore hari.

5. Meningkatkan semangat
Tidur siang yang cepat diketahui bisa memperbaiki mood Anda. Bagaimana rasanya ketika tidak tidur siang? APakah Anda merasa sangat lelah, mudah marah, dan tidka nyaman? Jika begitu, Anda butuh tidur siang untuk memperbaikinya.

6. Menghilangkan stres
Setelah tidur siang, biasanya seseorang akan merasa tenang dan bisa kembali tersenyum. Tidur siang bisa jadi cara paling tepat untuk meredakan stres.Penelitian tahun 2007 bahkan menjelaskan bahwa menghabiskan waktu untuk tidur siang dalam waktu singkat memiliki efek menenangkan yang hebat.

SOURCE