Tags

, , ,

Lukisan

Apa Anda termasuk seseorang yang menikmati karya seni, atau senang menghasilkan karya seni Anda sendiri? Membuat karya seni tak hanya bisa meningkatkan kreativitas sebagai seniman, namun juga sangat berguna untuk otak Anda.

1. Meningkatkan kemampuan kognitif dan ingatan

Berdasarkan penelitian, sekitar 70 persen pasien Alzheimer dan demensia yang mengikuti kelas seni menunjukkan peningkatan dalam hal kognitif dan ingatan.

2. Mengurangi stres dan depresi

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa fokus pada hal yang Anda sukai seperti melukis dan menghasilkan karya seni bisa meningkatkan produksi endorfin dan mengurangi stres. Membuat karya seni menghilangkan rasa cemas dan khawatir dalam otak Anda. Tak hanya itu, tekanan darah juga akan menurun.

3. Fokus pada masa kini

Membuat karya seni berarti Anda mencurahkan semua pikiran Anda pada hal tersebut. Ini membuat Anda tak lagi sering melamun yan sia-sia dan malah membuat otak Anda penuh dengan hal-hal tak penting. Membuat karya seni membuat pikiran Anda fokus dan semakin produktif.

4. Merangsang imajinasi

Anda menganggap diri Anda adalah orang yang selalu praktis dan tipe otak kiri? Anda bisa mengubahnya sekarang. Membuat karya seni akan membangunkan otak sebelah kanan Anda dan meningkatkan kreativitas serta imajinasi. Ini tak hanya akan berpengaruh pada karya seni Anda, tetapi juga cara Anda melihat dunia.

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Ketika melihat hasil karya seni buatan Anda sendiri, pasti Anda akan merasa bangga. Ini menunjukkan pencapaian sekaligus meningkatkan rasa percaya diri.

6. Meningkatkan kemampuan mata

Seberapa sering Anda mengamati dan berhasil menemukan perubahan di sekitar lingkungan Anda? Leonardo da Vinci mengatakan bahwa melukis akan meningkatkan kemampuan mata seseorang untuk membedakan 10 hal, gelap, terang, tubuh dan warna, bentuk, lokasi, jarak dekat dan jauh, serta benda bergerak dan diam. Menghasilkan karya seni akan membuat Anda semakin memperhatikan detail dan lebih perhatian pada lingkungan.

7. Penyelesaian masalah

Tak ada jawaban yang tepat dalam karya seni. Untuk itu, membuat karya seni akan meningkatkan sisi kreatif Anda. Ujungnya, Anda akan mudah menemukan penyelesaian dan jalan keluar yang out of the box. Sekali menggunakan otak dengan kreatif, Anda akan kaget dengan pemikiran Anda saat menghadapi dan menyelesaikan masalah.

SOURCE